[TUGAS ORGANISASI DAN MANAJEMEN] PENYELESAIAN KONFLIK, MANAJEMEN JEPANG, KARAKTERISTIK ORGANISASI MODERN DAN TEORI Z DALAM KAITANNYA DENGAN ORGANISASI PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
Cak Kriwul
May 04, 2019
Ada beberapa macam strategi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik kelompok, berikan contoh strategi yang digunakan dalam penyelesaian konflik kelompok yang terjadi dalam organisasi baik formal maupun informal di Negara Republik Indonesia!
![]() |
| contoh ilustrasi konflik | credit: www.freepik.com |
Menurut Hugh Miall (2002: 65) ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik, diantaranya adalah:
- Strategi Kompetisi
- Strategi Akomodasi
- Strategi Kolaborasi
- Strategi Penghindaran
- Strategi Kompromi atau Negosiasi
Contoh kasusnya dalam ruang lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah strategi akomodasi yang diterapkan pada konflik horizontal antara suku Bali utamanya di Desa Bali Nuraga dengan seluruh lapisan masyarakat di daerah sekitar Desa Bali Nuraga di Kabupaten Lampung Selatan.
Strategi akomodasi yang digunakan adalah strategi penyelesaian konflik yang diserahkan oleh pihak ketiga yang menghasilkan perjanjian damai yang mengikat kedua belah pihak yang sedang konflik yakni berupa organisasi formal (antar desa) maupun organisasi informal (kesukuan dan agama).
Ada 6 (enam) prinsip model T-Form, menurut pandangan Anda kondisi di Pemerintah Republik Indonesia sudah sesuai atau tidak dengan prinsip model T-Form? Jelaskan!
Enam prinsip model T-From adalah:
- Pengawasan yang dapat dipercaya
- Pendelegasian wewenang
- Struktur organisasi yang transparan dan efisien
- Desentralisasi pembuatan keputusan
- Penggunaan teknologi
- Manajemen adaptif dan terus berkembang
Bagaimana dengan kondisi Pemerintah Republik Indonesia?
Pada beberapa bagian, Pemerintah Republik Indonesia masih harus menyesuaikan diri dengan prinsip model T-Form. Maraknya kasus korupsi dan penyalahgunaan wewenang, merupakan bukti masih lemahnya penerapan prinsip model T-Form di Indonesia.
Akan tetapi banyaknya kasus korupsi yang terkuak membuktikan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh dalam melakukan reformasi birokrasi dan manajemen publik. Penggunaan teknologi pada proses rekruitmen dan tata kelola data juga menunjukkan bahwa ada usaha-usaha pemerintah untuk menciptakan kondisi organisasi kepemerintahan semakin lebih baik.
Ada beberapa karakteristik teori modern yang dapat membedakan dengan model-model lain. Jelaskan karakteristik teori modern tersebut, serta jelaskan pula organisasi Pemerintah Republik Indonesia sesuai atau tidak dengan karakteristik teori modern?
Karakteristik teori organisasi modern antara lain:
Sering disebut analisis sistem organisasi
Analis sistem organisasi dimaksudkan agar organisasi fokus diarahkan kepada masalah-masalah operasional dengan pandangan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan
Mempertimbangkan semua elemen pada organisasi
Mempertimbangkan semua elemen pada organisasi bermaksud bahwa semua elemen yang terdapat pada organisasi dilibatkan dan diatur sedemikian rupa satu per satu agar tidak ada elemen yang mubadzir atau ada elemen lain yang bekerja melebihi kapasitasnya.
Memandang organisasi sebagai suatu satu kesatuan sistem
Artinya organisasi dijadikan sebagai satu kesatuan yang saling bergantung antara satu elemen dengan elemen lain. Yang menjadikan pekerjaan atau tugas-tugas organisasi mudah dikelola sehingga output yang dihasilkan juga memuaskan. Dan tidak ada elemen organisasi yang berdiri sendiri serta melakukan kegiatan yang berlainan dengan tujuan serta prinsip-prinsip organisasi.
Adaptif dengan tuntutan lingkungan
Organisasi harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memodifikasi diri agar dapat bertahan hidup dalam tuntutan zaman dengan cara efisien-efektif dan tetap tepat sasaran pada tujuan-tujuan yang ditetapkan
Organisasi dan lingkungannya harus dilihat sebagai sesuatu yang saling ketergantungan
Ini dimaksudkan bahwa organisasi modern selain adaptif juga bergantung kepada perkembangan dunia dan lingkungannya. Begitu pun lingkungan, sedikit banyak juga harus berusaha dijadikan ‘bergantung’ dengan organisasi. Sifat saling ketergantungan ini dapat menjadikan organisasi bertahan hidup lama, saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) dan mencapai tujuan yang dicita-citakan tanpa harus berlawanan dengan lingkungan luar.
Bagaimana dengan organisasi Pemerintah Republik Indonesia? Menurut saya, pemerintah telah menerapkan suatu ciri dan karakteristik dari organisasi modern. Adanya satu kesatuan sistem, penggunaan teknologi di era digital, dan adaptif dengan lingkungan sekitar.
Namun ada beberapa lembaga yang sering dikritisi karena dirasa tidak mampu menjalankan tugas kelembagaannya yakni DPR. Acapkali masyarakat bersifat apatis dan menganggap DPR adalah produk gagal dari sistem organisasi kepemerintahan. Ini sebenarnya efek dari citra buruk anggota legislatif di Indonesia yang syarat akan budaya korupsi serta permainan tender. Tidak menutup kemungkinan terdapat pada lembaga lain.
Organisasi lain pada tubuh pemerintah yang dianggap sia-sia adalah DPD. Masyarakat perlu tahu dan harus disosialisasi apa saja peran, tugas, wewenang dan fungsi lembaga-lembaga tersebut dalam kerangka satuan birokrasi pemerintah di Indonesia.
Ada 8 (delapan) ciri manajemen Jepang, sebutkan ke-8 ciri tersebut, serta jelaskan pula menurut pandangan Anda kondisi pada Pemerintah Republik Indonesia menggunakan atau tidak dari ke-8 ciri manajemen Jepang!
8 ciri manajemen Jepang adalah sebagai berikut:
- Penggunaan pekerja secara loyal – seumur hidup
- Praktik diskriminasi gender
- Prinsip senioritas dalam penggajian
- Pelatihan
- Pendaya-gunaan pekerja
- Jaminan kesejahteraan pekerja
- Persamaan derajat kedudukan antara manajer dan pekerja di bawahnya
- Pengisian jabatan dan kedudukan dari sistem merit pekerja dan upaya promosi di dalam organisasi daripada melakukan rekruitmen baru
Bagaimana dengan pemerintahan Republik Indonesia? Ada beberapa bagian dari sistem manajemen pemerintah Republik Indonesia yang sesuai dan sudah diterapkan dengan mengacu pada sistem manajemen Jepang. Tetapi ada satu hal yang belum ada di pemerintah Republik Indonesia yakni persamaan derajat dan kedudukan antara pemimpin dengan bawahannya.
Di Jepang, ruang pekerja dan manajer (pimpinan) menjadi satu dan terbuka, sehingga manajer bisa lebih dekat dengan pekerjanya serta dapat mengawasi dan mengarahkan pekerjanya secara langsung. Sementara di Indonesia, masih menggunakan cara lama yakni pemisahan ruangan dengan tembok dan sekat sejenis. Ini menyebabkan sistem manajemen kurang baik yang pada akhirnya memicu gaya bekerja seenaknya dan pekerja pemerintah merasa kurang terawasi serta dapat melakukan kegiatan non-produktif seperti mengopi, bercakap-cakap dan bermain telepon. Uang pajak dari masyarakat tidak digunakan untuk membayar para ASN untuk bersenda-gurai atau ngopi ria.
Ada 6 (enam) kerugian dari organisasi yang bertipe Z, sebutkan ke-6 kerugian tersebut, serta jelaskan pula menurut pandangan Anda kondisi organisasi pada Pemerintah Republik Indonesia!
Organisasi tipe Z seringkali dianggap sebagai model manajemen organisasi Jepang yang dikembangkan pada puncak perkembangan ekonomi Asia. Sebetulnya teori Z adalah perpaduan antara tipe manajemen Jepang dengan tipe manajemen Amerika.
Berikut adalah enam kerugiaan dari organisasi bertipe Z:
- Tidak mendukung segala bentuk dari partisipasi dalam proses manajemen, ini dikarenakan manajer takut akan penyerahan tugas bagi pekerja yang belum mumpuni di bidangnya
- Struktur organisasi yang bias dan kabur menyebabkan beberapa permasalahan utamanya mengenai pertanggungjawaban masing-masing anggota organisasi.
- Kultur budaya yang sama pada organisasi tipe Z, sangat sulit ditemukan dan didukung oleh semua anggota organisasi. Mengingat setiap anggota organisasi besar kemungkinan berasal dari latar belakang budaya dan memiliki persamaan budaya satu sama lain yang hampir tidak mungkin. Apalagi diterapkan di Indonesia yang terdiri atas banyak suku.
- Organisasi tipe Z sangat sulit diterapkan di negara yang memiliki berbagai macam budaya. Ini karena organisasi tipe Z dikembangkan di Jepang yang memiliki kebudayaan serta masyarakat homogen. Sangat tidak applicable diterapkan di kebudayaan dari bangsa lain yang berbeda mentalitas dan kulturnya.
- Tidak ada penyelesaian secara tuntas pada tipe organisasi Z adalah salah satu kelemahan dari tipe organisasi ini. Teori manajemen organisasi Z tidak menawarkan solusi menyeluruh dari setiap permasalahan yang timbul akibat dari pelaksanaan pengorganisasian untuk tiap ruang lingkup yang berbeda.
- Menurunkan performa anggota organisasi adalah salah satu kelemahan terakhir organisasi tipe Z. Karena tipe organisasi ini tidak mengenal reward atau pemberian penghargaan terhadap pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik maka hasilnya akan membuat pekerja malas dan tidak bersemangat dalam melaksanakan tugas organisasi serta bisa berujung konflik.
Bagaimana dengan kondisi pada Pemerintahan Republik Indonesia? Menurut pandangan saya, organisasi tipe Z tidak cocok dan tidak diterapkan di Indonesia. Ini karena masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang heterogen dan kenyataannya pemerintah masih menghargai prestasi dari para ASN serta birokrat dengan memberikan berbagai tunjangan profesi, kesehatan, pendidikan, prestasi dan jabatan.
Birokrasi di Indonesia juga masih menerapkan struktur organisasi yang eksplisit seperti pengaturan kepala, sekretaris, bendahara dan bagian-bagian yang lain. Hanya saja pembagian kerja dari struktur organisasi di Indonesia kurang maksimal karena minimnya spesialisasi kerja.
Kedepan harapan saya, pemerintah lebih fokus membangun elemen organisasi publik dengan berorientasi pada pelayanan yang secara struktural maupun praktikal lebih menunjang jalannya organisasi dengan spesialisasi kerja yang jelas. Sehingga kecemburuan kerja diantara para ASN dapat dihindari.
•
Sumber referensi:
http://digilib.unila.ac.id/925/9/BAB%20II.pdf
https://alison.com/course/737/resource/file/t_form_organization_diagram.pdf
https://muhamadmuslihlatief91.wordpress.com/2013/05/03/33-teori-organisasi-modern/
https://www.prosancons.com/education/pros-and-cons-of-theory-z/
http://www.yourarticlelibrary.com/management/11-most-important-features-of-japanese-management/25822


No comments :
Post a Comment
Leave A Comment...